Son of Saul (2015)

Sutradara   : László Nemes
Pemain       : Géza Röhrig, Levente Molnár, Urs Rechn

Saul Ausländer (Géza Röhrig) adalah seorang Hungaria-Yahudi anggota sonderkomando,menjalankan tugas 'kotor' di camp konsentrasi Auschwitz yang bertugas membantu Nazi dalam pemusnahan kaum Yahudi. Saul menemukan seorang anak yang ia 'klaim' sebagai anaknya sendiri dari kamar gas dan ia menginginkan pemakam yang layak bagi anak tersebut.

Sudah ada beberapa film yang berlatar belakang perang dunia ke-2 dan di fokusnya ke peristiwa Holocaust,seperti Schindler's List atau The Pianist. Namun Son Of Saul membawakannya lebih mengerikan dan unik. Saya katakan unik karena film ini menggunakan ratio 4:3 dan kamera hanya berfokus pada raut muka Saul. Kita penonton seperti mengikuti apa saja yang dilakukan Saul secara dekat. Kekerasan dan rasa horor dari cerita seperti terlihat dengan jelas di wajah Saul.
Film ini sangat berhasil menciptakan kesan mengerikan yang ingin tampilkan, dan Nemes sukses mengembangkan hal tersebut, dengan rasa documenter membawa kita mengamati  kejahatan dalam gerak yang cepat.
Scene yang membuat saya merinding adalah ketika Saul mengatur orang-orang Yahudi yang akan dibunuh dengan masuk kedalam ruang gas,dan setelah itu terdengar suara minta tolong dengan pintu di pukul secara keras dari dalam. Sebuah momen yang bisa membuat saya merasa ketakutan. Kemudian scene berubah ke dalam ruang gas yang penuh dengan mayat,ditumpuk seperti karung beras,lantai ruang di penuhi dengan darah dan (maaf) kotoran manusia.
Ya seperti itulah bagaimana Son Of Saul menenggelamkan penonton ke dalam suasana mengerikan.

Sebuah film yang unik,sebuah film tentang Holocaust dengan cerita yang sederhana namun mampu memberikan kesan horor melalu visual dengan dialog yang sedikit.
Rasa ngeri,gelisah,penasaran,mengasyikan campur aduk menjadi satu.
Tidak salah jika Son Of Saul mendapat penghargaan di ajang piala oscar kemarin sebagai  Best Foreign Language Film of the Year.

Rate 8/10

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beranda